Monday, March 15, 2010

MELIHAT MISTERI SEKILAS

MINGGU PRAPASKAH II TH. C Kej 15:5-12, 17-18 Flp 3:17-4:1 Luk 9:28b-36

Seorang ibu muda tidak bisa menerima kehamilannya dan ingin menggugurkan bayi dalam kandungannya namun tetap dia melakukan ultrasound. Dia melihat bayangan bayinya itu di layar monitor, bentuk tubuhnya yang sempurna lengkap dengan lengan tangan dan kaki kecil. Beberapa dokter menyatakan bahwa 75% wanita yang melihat ultrasound itu memutuskan untuk melahirkan bayinya, tapi 25% tidak. Sepertinya wanita ini termasuk yang 25% itu sebab dia tetap mengatakan, “Tidak, tidak, saya tidak menginginkan bayi ini.”

Tiba-tiba dokternya berkata, “Coba ulurkan tangan kamu dan sentuhlah tangan bayimu.” Sudah terlambat waktu dia menyadari kekonyolan kata-katanya itu dan dia jadi agak malu. Tapi wanita itu mengulurkan tangannya ke arah layar monitor. Sungguh aneh dan luarbiasa, tangan kecil bayi itu bergerak. Di layar monitor, tangannya yang mungil itu menyentuh jari-jari ibunya!

Akhirnya dia mau memelihara bayinya.

Wanita itu melihat misteri dan keajaiban bayinya itu sekilas. Sesungguhnya ada misteri di dalam diri kita masing-masing: misteri citra Allah. Sungguh indahlah bila kita mencari dan memandang citra Allah itu di dalam setiap orang. Mungkin selama ini kita hanyalah memandang orang lain sebagai “alat” ataupun “beban.” Tapi entah dengan cara yang ajaib dan tak terduga, tiba-tiba Tuhan memperlihatkan kepada kita sekilas nilai dan harga yang sebenarnya setiap orang!

Pada tiap Minggu Prapaskah II kita selalu membacakan Injil tentang perubahan rupa Yesus di hadapan para rasul yang terpilih. Yesus membawa mereka ke Yerusalem, dimana mereka akan meninggalkan-Nya karena malu dan takut akan orang-orang yang menyiksa dan akhirnya membunuh-Nya. Namun dalam perjalanan, Dia akan membawa mereka ke sebuah gunung dimana rupa wajah-Nya berubah dan pakaian-Nya menjadi putih berkilau-kilauan. Mereka memandang sekilas, hanyalah sekilas, siapakah Yesus sebenarnya! Peristiwa itulah yang akan menjadi pegangan mereka di saat-saat susah.

Sesungguhnya Tuhan dapat menampakkan Dirinya secara langsung seperti Perubahan Rupa Yesus itu di gunung Tabor – atau melalui ultrasound bayi seperti pengalaman wanita muda itu! Tetapi kita harus mempersiapkan hati kita. Yesus meluangkan cukup banyak waktu untuk mengajar dan membimbing para rasul, terutama Petrus, Yohanes dan Yakobus. Dengan demikian mereka siap untuk peristiwa yang luar biasa itu. Kita juga butuh meluangkan waktu untuk Tuhan – melalui Doa dan perhatian akan Sabda-Nya – agar kita makin terbuka untuk menerima-Nya. Maka kita pun dapat memandang sekilas, biar hanya sekilas, Misteri Yesus – atau Misteri citra Allah di dalam setiap orang.
(Romo Noel, SDB)

No comments:

Post a Comment