Monday, August 15, 2011

Merdeka!

Pada dasarnya ada dua macam KEMERDEKAAN: KEMERDEKAAN DARI dan KEMERDEKAAN UNTUK. Indonesia merayakan KEMERDEKAAN yang mana? Kemerdekaan dari penjajahan Belanda? Pantaslah! Kemerdekaan untuk Hidup yang lebih adil, sejahtera dan aman sentosa! Sungguhkah? Setiap Perayaan HUT Kemerdekaan adalah untuk memperingati dan sekaligus menimba inspirasi dari peringatan itu. Kita mengingat serta menghormati para pahlawan dan tokoh-tokoh yang membentuk negara ini dan mereka menjadi inspirasi bagi kita supaya melanjutkan perjuangan mereka.

Ada sebuah kapal laut yang sedang berlayar dan para penumpangnya adalah dari berbagai negara. Tiba-tiba tanpa peringatan datanglah badai dan ombak-ombak besar mulai membanting-banting perahu itu! Kapten yang sudah berpengalaman menyadari bahwa mereka dalam bahaya. Oleh karena itu ia mengumumkan kepada para penumpang bahwa ia membutuhkan beberapa orang berani yang rela keluar dari kapal supaya mengurangi bebannya sebab jika tidak, mereka semua akan mati. Mereka berbisik-bisik sambil saling menunjuk satu sama lain. Kemudian ada seorang Jepang yang maju ke depan sambil berteriak “Saya bersedia!” “Wah, pahlawan,” mereka terkagum-kagum, “ini baru pahlawan hebat!” Sebelum ia melompat dari kapal ia mengangkat tangan sambil berteriak, “Banzai Nipon!” Dan iapun jatuh ke laut. Semua bertepuk-tangan dengan gembira. “Nah siapa lagi yang berani?” tanya dari Kapten. Sekarang seorang Amerika maju ke depan. Lagi mereka terkagum-kagum atas keberanian orang itu. Dia ke pinggir kapal dan sebelum melompat ia berteriak, “This is for you, America!” dan iapun jatuh ke laut. Semua berseru dan bertepuk-tangan lagi. Sebelum si Kapten bisa berbicara lagi, tiba-tiba ada seorang yang maju ke depan, “Saya rela.” “Darimana dia?” para penumpang itu saling bertanya. Indonesia! “Wah, hebat ya orang Indonesia!” Dan seperti halnya yang dilakukan dua orang sebelumnya, orang ini mengangkat kedua tangan sambil berteriak dengan suara nyaring, “Hidup Bangsa Indonesia!” Kemudian dia mendorong orang Cina ke laut!

Selama ada orang-orang yang hanya memikirkan kepentingan diri sendiri sambil menginjak-injak martabat sesama manusia; selama ada pemimpin-pemimpin yang hanya mencari keuntungan dengan memperalatkan orang lain; selama ada gembala-gembala yang serakah sehingga meninggalkan atau bahkan menyesatkan domba-dombanya… tidak akan pernah ada Kemerdekaan Sejati di tanah ini! Setiap Perayaan HUT Kemerdekaan haruslah membuat kita semakin haus akan Kemerdekaan Sejati… Kemerdekaan dari Kejahatan, Keserakahan dan Kesombongan… dan Kemerdekaan untuk Hidup yang Adil, Sejahtera dan bebas dari Korupsi!

No comments:

Post a Comment